YAEL : Perempuan Tangguh

YAEL : Perempuan Tangguh

Hakim-hakim 4 : 1 – 24, 5 : 24

Setelah minggu lalu kita belajar dari sosok Lois yang dengan tekun mewariskan imannya kepada generasi selanjutnya, pada minggu ini kita akan belajar dari sosok perempuan lain yang tangguh, bernama Yael. Yael hidup pada masa Debora memerintah sebagai hakim atas orang Israel. Pada masa itu Israel berada dalam penindasan bangsa Kanaan yang dipimpin oleh Yabin. Hal tersebut terjadi akibat ulah bangsa Israel sendiri yang kembali menyimpang dari jalan Tuhan, setelah Ehud (hakim yang memerintah sebelum Debora) mati.

Alkitab mencatat bahwa Israel berulang kali menyimpang dari jalan Tuhan, terutama ketika tidak ada pemimpin yang takut akan Tuhan. Namun Tuhan berulang kali juga menunjukkan kasih-Nya kepada bangsa Israel sehingga akhirnya mereka kembali berbalik kepada Tuhan. Pada masa pemerintahan Debora, Tuhan membebaskan Israel dari penindasan Kanaan. Pasukan Kanaan yang dipimpin oleh Sisera akhirnya berhasil dikalahkan oleh pasukan Israel yang saat itu dipimpin oleh Barak serta Debora. Sisera melarikan diri dan dikejar oleh Barak dan pasukannya.

Sisera akhirnya bersembunyi di kemah Yael, istri dari Heber, orang Keni. Sebenarnya, suku Keni memiliki hubungan yang sangat baik dengan bangsa Israel selama bertahun-tahun. Mertua Musa adalah orang Keni. Namun keluarga Heber rupanya memisahkan diri dari suku Keni dan menjalin hubungan yang baik dengan Yabin, raja Kanaan. Sehingga wajar jika Sisera merasa aman untuk bersembunyi di kemah Yael. Yael melihat hal ini sebagai kesempatan baginya untuk membunuh sang musuh Israel itu, sehingga ketika Sisera tertidur karena kelelahan, Yael pun membunuh Sisera di kemahnya.

 Tindakan Yael tersebut memiliki risiko yang tinggi, baik bagi dirinya sendiri maupun keluarganya. Ia dan keluarganya dapat dianggap berkhianat kepada raja Yabin. Namun dengan keberaniannya ia dipakai Tuhan untuk melaksanakan kehendak-Nya. Keberanian yang patut kita teladani ketika kita ingin dipakai oleh Tuhan. (kpwg)

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x