TELADAN DARI JEMAAT TESALONIKA

TELADAN DARI JEMAAT TESALONIKA

1 Tesalonika 1 : 2 – 10

Tesalonika merupakan ibukota dari Makedonia, sebuah provinsi di kekaisaran Romawi. Jemaat Tesalonika terdiri dari orang-orang non-Yahudi yang menerima berita Injil dari Rasul Paulus dan timnya. Mereka adalah orang-orang yang “berbalik dari berhala-berhala kepada Allah” (1 Tes 1:9). Rasul Paulus terpaksa meninggalkan Tesalonika akibat kemarahan orang-orang Yahudi yang tidak suka dengan adanya orang non-Yahudi yang tertarik dan ikut menyembah TUHAN Allah. Saat Paulus tiba di Korintus ia menerima surat dari Timotius dan rekan-rekannya, yang melanjutkan pelayaan Paulus di Tesalonika, tentang keadaan jemaat di Tesalonika.

Paulus sangat bersyukur kepada Allah karena iman jemaat Tesalonika yang dapat diteladani oleh jemaat-jemaat lain, baik di Makedonia, Akhaya, dan tempat-tempat lainnya. Kabar mengenai iman mereka yang bertumbuh di tengah penindasan telah menjadi kesaksian yang luar biasa. Jemaat di Tesalonika selalu tekun dalam pekerjaan iman, usaha kasih dan pengharapan kepada Tuhan Yesus Kristus. Meskipun mereka menerima tekanan yang berat, mereka menerima firman Tuhan dengan penuh sukacita. Hal tersebut diakui Paulus sebagai buah pekerjaan Roh Kudus.

Semoga kisah keteladanan jemaat Tesalonika dapat menginspirasi kita semua untuk, dengan sukacita, tetap tekun dalam pekerjaan iman, usaha kasih dan pengharapan kita kepada Tuhan Yesus Kristus, di dalam situasi pandemi yang sulit ini.

Share

Recommended Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x