ROH KUDUS MEMBERI SEMANGAT PELAYANAN

ROH KUDUS MEMBERI SEMANGAT PELAYANAN

Kisah Para Rasul 2 : 1 – 21

Hari Pentakosta merupakan hari raya terbesar yang kedua dalam tarikh Yahudi. Peristiwa ini merupakan perayaan penuaian setelah panen gandum ketika hasil dipersembahkan kepada Allah (lih. Im 23:17). Demikianlah hari Pentakosta bagi gereja melambangkan awal penuaian jiwa-jiwa oleh Allah dalam dunia.   Pada hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di suatu tempat di Yerusalem, lalu turunlah bunyi seperti tiupan angin keras, lidah-lidah seperti nyala api, hingga mereka dipenuhi Roh Kudus dan mulai berkata dalam bahasa lain, dan orang lain menyangka bahwa mereka sedang mabuk. Hal ini terjadi  beberapa hari setelah kenaikan Tuhan Yesus ke sorga.

Saat itu kita bisa melihat suatu perubahan yang luar biasa terjadi pada Petrus, dengan kesebelas rasul, mereka bangkit dan mulai bersaksi dengan luar biasa.  Sikap tegas dan berani mereka tampilkan, mereka menyaksikan bahwa mereka tidak sedang mabuk tetapi kuasa yang terjadi saat itu semua terjadi karena firman Allah “ Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia: maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat…….. “

Roh Kudus dicurahkan pada semua manusia, termasuk kita yang percaya pada Tuhan Yesus.  Bagaimana kita bisa menyakini ada Roh Kudus dalam kehidupan kita… jawabannya sederhana sekali, iman kitalah yang secara pribadi yang dapat meneguhkannya. Hal yang sederhana, di saat kita akan melakukan ketidak benaran, ada sesuatu yang dengan lembut menegur kita.  Saat kita mulai merasa enggan berdoa, datang dalam persekutuan bersama orang percaya.. ada sesuatu dalam hati kita yang mengingatkan kita. Terkadang teguran itu juga bekerja melalui Firman Tuhan yang kita dengarkan.  Roh Kudus memberi kita semangat pelayanan, seperti Petrus dan sebelas rasul yang tampil dengan berani, maka jangan diamkan Roh Kudus dalam diri kita, bangkit dan giatlah dalam pelayanan, karena Roh Kudus yang ada dalam hidup kita adalah Roh yang luar biasa, Roh yang memampukan kita melakukan kehendakNya…. Ayo bangkit, jangan diamkan Roh Kudus, biarkan Roh Kudus terus bekerja dalam hidup pelayanan kita.

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *