Roh Kudus Memampukan Kita Mewartakan Kasih bagi Sesama

Roh Kudus Memampukan Kita  Mewartakan Kasih bagi Sesama

Memperingati hari Pentakosta kita menyadari bahwa Roh Kudus yang mempersatukan kita dalam persekutuan yang kudus dan suci dalam Gereja-Nya di tengah-tengah dunia ini sebagai tubuh Kristus. Dan kita adalah persekutuan orang percaya kepada Kristus yang dipanggil keluar (eklesia) untuk menyatakan kasih Allah pada dunia ini. Sehingga harus kita sadari sebagai orang Kristen bahwa Gereja bukanlah gedungnya tetapi adalah orangnya. Sebab Gereja bukanlah persekutuan yang dipersatukan oleh manusia tetapi persekutuan yang dipersatukan oleh Allah. Ini adalah kekuatan dan semangat sebagai orang kristen yang dipersatukan oleh Allah.

Dari sekian banyak karunia-karunia yang boleh kita terima melalui Roh Kudus, ternyata ada karunia yang utama yang harus kita miliki sebagaimana Paulus nyatakan selanjutnya dalam 1 Kor. 13 yaitu “Kasih”. Itu adalah karunia Roh Kudus yang utama harus kita miliki. Sekalipun kita menerima karunia-karunia Roh untuk mampu menyaksikan iman ditengah-tengah pergumulan hidup kita, mampu bernubuat, namun jika karunia kasih itu tidak kita miliki, sama sekali tidak berguna (1 Kor. 13:2). Ketika kita hidup dalam persekutuan dengan “Tubuh Kristus”, maka kita adalah hidupNya yang menyatakan kasihNya bagi dunia ini.

Sebab itu marilah kita menjadi Gereja dan orang percaya yang tidak berputar-putar hanya untuk diri sendiri. Sehingga kita tidak membatasi kuasa Allah melalui Roh Kudus yang dinamis, jangan kita mengatur Tuhan, tetapi biarlah Tuhan yang mengatur hidup kita. Mari kita membebaskan Allah berkarya dalam hidup kita untuk mewujudkan damai sejahtera Allah, seperti doa Tuhan Yesus: “Bukan kehendak-Ku, tetapi kehendakMulah yang jadi”. Kita harus kembali kepada misi Allah (Missio Dei) yaitu pemberian Roh Kudus adalah pengutusan kepada murid-muridNya dan semua orang percaya untuk menyatakan damai sejahtera kepada dunia (Yoh. 20: 21-22; Kis. 1:8).

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *