PRIBADI YANG BERTUMBUH

PRIBADI YANG BERTUMBUH

Markus 4 : 26 – 34

Bertumbuh merupakan ciri kehidupan. Pertumbuhan mahkluk hidup dimulai dari benih yang hidup. Perumpamaan benih dan pertumbuhannya diceritakan oleh penulis Injil Markus pada pasal 4 sebagai bagian pengajaran Yesus kepada orang-orang yang mengerumuninya.  Ada 3 hal penting yang disebutkan dalam perumpaman tersebut: penabur, benih, dan pertumbuhan benih. Sang penabur dapat ditafsirkan Allah, Yesus, dan para murid yang mewartakan kabar baik kepada orang yang dijumpainya.  Benih itu firman Tuhan yang menuntun manusia kepada keselamatan dan kebenaran. Bagaimana benih itu bertumbuh ? tak seorangpun mengetahuinya seperti yang dituliskan pada ayat 27-28.

Pesan yang disampaikan dalam pengajaran tersebut adalah bertumbuh merupakan hal penting bagi setiap orang.  Sebagaimana ilustrasi benih yang kemudian mengeluarkan tangkai dan tangkai menghasilkan bulir dan selanjutnya bulir dipenuhi dengan butir-butir dan kemudian butir menghasilkan buah merupakan proses yang menandakan adanya pertumbuhan.

Tuhan Yesus menghendaki pertumbuhan terjadi pada setiap MuridNYA.  Pertumbuhan hanya terjadi jika benih yang adalah Firman Tuhan tertabur pada hati manusia yang terbuka dan bersedia merespon firman itu. Jika kita ingin menjadi pribadi yang bertumbuh kita perlu menyediakan hati sebagai tempat persemaian Firman Tuhan dan menjadi ruang dimana Tuhan berkuasa menumbuhkan diri kita. Menjadi murid Yesus adalah menjadi pribadi yang bertumbuh dan menampakkan ciri kehidupan sebagaimana Yesus teladankan kepada kita semua.

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *