PERLENGKAPAN DALAM PERJUANGAN

PERLENGKAPAN DALAM PERJUANGAN

Efesus 6 : 10 – 20

Minggu lalu kita sudah diingatkan oleh nasehat Paulus agar hidup berpadanan dengan panggilan Tuhan. Pada kenyataannya tidak mudah menjalankan panggilan itu. Dalam bacaan hari ini Paulus mengingatkan ada kuasa-kuasa yang tidak kelihatan, yang berusaha merusak kesatuan umat dan menyelewengkan panggilan Tuhan.

Paulus mengingatkan bahwa manusia itu lemah dan tidak mungkin dengan kekuatannya sendiri menghadapi tipu muslihat iblis penguasa dan penghulu dunia yang gelap, serta roh-roh jahat di udara (ayat 11,12). Karenanya, kita perlu bergantung sepenuhnya pada kekuatan kuasa Tuhan (10). Seperti seorang tentara yang akan maju berperang mempersiapkan diri dengan perlengkapan senjatanya, maka umat juga perlu mengenakan perlengkapan senjata Allah agar selalu siap menghadapi serangan musuh.

Ada enam perlengkapan senjata Allah (13): ikat pinggang kebenaran artinya selalu aktif dan siap siaga; baju zirah keadilan artinya mempertahankan kebenaran dan keadilan. Kasut kerelaan, artinya cepat melayani dalam pemberitaan Injil. Perisai iman, iman yang percaya kepada kemenangan Allah atas kebangkitan-Nya dan memiliki kuasa atas segalanya. Ketopong keselamatan, menggunakan semua yang diberikan oleh Kristus untuk pekerjaan penyelamatan. Pedang Roh sebagai firman Tuhan yang dapat menangkis serangan iblis, serta berdoa setiap waktu dengan tekun, saling mendoakan sesama umat Kristen dalam perjuangan imannya (14-20).

Mari kita kenakan segala perlengkapan senjata Allah yang telah disediakan bagi kita ini, karena tanpa semuanya itu kita pasti tidak akan mampu berperang melawan si jahat. Percayakan segalanya pada kekuatan kuasa Tuhan, maka segala perjuangan dalam hidup, panggilan Tuhan serta pelayanan yang dilakukan akan mendatangkan berkat bagi sesama dan memuliakan Tuhan. Tuhan memberkati.

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *