MEMAKNAI WAKTU

MEMAKNAI WAKTU

Bacaan: Pengkotbah 3 : 1 – 13

Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus,

Puji syukur kepada Tuhan. Hanya karena kasih dan pemeliharaan-Nya, kita diperkenankan meninggalkan tahun 2016 dengan selamat dan memasuki tahun 2017 dengan semangat dan harapan yang baru.

                Kita menutup tahun 2016 dengan berbagai peristiwa duka. Ada bencana alam banjir di Jawa Barat, Bima-NTB dan gempa di Aceh. Korban jiwa, kerugian material dan imaterial sangat banyak. Hati kita juga diliputi keprihatinan dan was-was dengan berbagai kekerasan, kejahatan dan teror keamanan yang dialami masyarakat. Kita seperti hidup dalam dunia yang makin menakutkan. Seperti yang dikatakan Pengkotbah: “Memang manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.” (ayat 11b). Namun dalam semua kondisi itu, kita meyakini bahwa semuanya ada dalam kendali Tuhan Allah. Ada waktu kita berada dalam duka, mengalami kesedihan, tetapi Tuhan juga memberikan kesempatan dan kekuatan kita untuk tertawa. Dan pada akhirnya “Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya…” (ay 11a).

                Bila hari ini kita mampu berdiri di awal tahun 2017, masih bisa menghirup udara segar dan menikmati kehangatan mentari baru, menikmati kebersamaan, bisa makan, minum, menikmati kesenangan lainnya, semua ini adalah pemberian Allah (ayat 13). Untuk itu kita patut bertelut dan memanjatkan puji serta syukur kepada kasih Tuhan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok. Tetapi satu hal yang pasti, Tuhan akan menyertai hidup kita. Sebab waktu adalah milik Tuhan dan dalam kendali Tuhan. Oleh sebab itu mesti kita gunakan untuk kemuliaan nama Tuhan. Seperti syair lagu “Tak ku tahu kan hari esok namun langkahku tegap…….banyak hal tak kufahami dalam masa menjelang. Tapi t’rang bagiku ini Tangan Tuhan yang pegang.” (PKJ 241)

Selamat Tahun Baru 2017. Mari jalani waktu ke waktu bersama Tuhan!

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x