LEBIH DARI YANG BIASA

LEBIH DARI YANG BIASA

1 Korintus 1 : 18 – 31

Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus,

                 Tuhan Yesus mengajar murid-murid-Nya agar mereka hidup mereka berbeda dengan cara dunia ini. Ketika orang hanya mengejar kesenangan duniawi, Yesus berkata: “Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran…” (Mat. 5:10) Jika di dunia ini orang melakukan kekerasan, ibaratnya “mata ganti mata”, maka Yesus berkata “Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi yang kiri.” (Mat. 5:38,39). Orang kristen dituntut tidak hanya melakukan yang baik, tetapi melakukan yang terbaik. Bukan yang biasa-biasa saja tetapi lebih dari yang biasa, bahkan yang sempurna (Mat. 5:48).

                Prinsip Tuhan Yesus itu mungkin dianggap tidak masuk akal, menjungkirbalikkan kebiasaan yang ada di masyarakat. Tetapi justru itulah perintah Allah yang harus kita dilakukan. Bagi Rasul Paulus pemberitaan injil tentang penderitaan dan kematian Tuhan Yesus yang menyelamatkan manusia dianggap sebagai aneh, kebodohan (1 Kor. 1:18). Bagi orang Yahudi menjalankan Hukum Taurat adalah jalan keselamatan. Tetapi orang kristen meyakini bahwa hanya karena kasih-Nya Allah telah menyelamatkan orang berdosa melalui pengorbanan Tuhan Yesus di kayu salib. Inilah berita keselamatan yang harus kita wartakan. Sekalipun orang menganggap sebagai kejanggalan, kebodohan, tetapi mereka harus mengerti bahwa dengan kekuatan dan hikmatnya sendiri manusia tidak akan mampu menyelamatkan diri dari kuasa dosa, kuasa maut. Hanya oleh darah Kristus dosa kita dihapuskan.
Keangkuhan, mengandalkan kekuatan, jasa dan perbuatan baik bukanlah spirit kristiani. Sebaliknya kerendahan hati, mengakui hikmat dan kuasa Allah dan melakukan yang terbaik, lebih dari yang biasa bahkan yang sempurna, itulah yang mesti terus diusahakan. Hanya oleh kuasa Roh Kudus kita dimampukan melakukannya. Mintalah kuasa-Nya. Amin. (ds)

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x