JANGANLAH MENJADI SERUPA DENGAN DUNIA INI

JANGANLAH MENJADI SERUPA DENGAN DUNIA INI

Janganlah Menjadi Serupa Dengan Dunia Ini

Roma 12:1-8

Paulus menasehati jemaat Roma agar tidak menjadi serupa dengan dunia karena: Pertama, segala sesuatu adalah dari Tuhan, oleh Tuhan, dan kepada Tuhan. Bagi Dialah kemuliaan (Roma 11:36). Hidup kita harus diarahkan kepada Allah, bukan kepada dunia. Inilah persembahan yang terbaik bagi Allah. Kedua, supaya warga jemaat dapat menentukan dan memilih kehendak Allah, yang baik dan berkenan serta sempurna bagi Allah. Ketiga, jemaat tidak sombong dan berpikir melampaui kemampuan mereka. Sebaliknya menggunakan setiap karunia yang dimilikinya untuk membangun Persekutuan tubuh Kristus.

Untuk bisa menjadi tidak serupa dengan dunia, diperlukan pembaharuan budi. Pembaharuan hidup seutuhnya sehingga tidak mengarah kepada dunia. Memiliki spiritualitas hidup yang benar. Kita memerlukan Roh Kudus yang dapat mengubah hidup kita menjadi berkenan kepada Allah (band. Galatia 5:22-25).

Rasul Paulus mengatakan bahwa semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah (Roma 3:23). Dunia dan manusia telah dirusak oleh iblis/dosa dan jauh dari Allah yang menciptakannya. Sekalipun demikian, Allah tetap mengasihi dunia ini dan merencanakan untuk menyelamatkannya (Yohanes 3:16,17). Yesus Kristus Putra Tunggal Allah diutus-Nya untuk memulihkan kembali relasi yang rusak antara Allah dan dunia/manusia, dan kita orang percaya diutus-Nya menjadi saksi Kristus. Hidup seperti kehendak Kristus dan tidak serupa dengan dunia. Amin. (ds)

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x