IMAN DAN TINDAKAN

IMAN DAN TINDAKAN

2 Timotius 1 : 1 – 14

Tindakan adalah Iman yang mewujud. Tindakan tanpa Iman bisa saja membabi buta tanpa tujuan sehingga bisa menimbulkan kelelahan dan bahkan bisa menimbulkan kondisi stress. Apa guna berlelah-lelah jika tanpa maksud atau mungkin tak pernah puas malahan kekecewaan atau kekosongan hati yang didapat. Melalui  Mazmur 37:3-9 kita belajar banyak hal bahwa tindakan yang disertai Iman jika menghadapi halangan atau hambatan akan tetap membuahkan semangat dan jauh dari rasa putus asa atau merasa iri hati, karena telah mengajak Tuhan untuk memberi kekuatan. Sebaliknya jika berhasil tidak menghasilkan kesombongan, namun rasa syukur karena percaya bahwa Tuhanlah yang membuat berhasil.

Bagaimana sebaliknya? Iman tanpa tindakan mungkin sama seperti tong kosong yang nyaring bunyinya. Hanya berupa status dan kebanggaan identitas namun tanpa ada perbuatan dan bukti nyata. Puas dengan situasi, mager (red: males gerak). Hanya rasa dan perasaan yang diolah dan hasilnya adalah tinggi hati atau kesombongan belaka. Paulus mendorong Timotius untuk jangan malu atau takut untuk bersaksi tentang Tuhan (2 Timotius 1:6-8). Paulus mengobarkan semangat Timotius untuk bertindak dalam menceritakan kebaikan Allah.

Orangtua perlu mengajarkan pada anaknya bagaimana mewujudkan iman dalam tindakan. Timotius beruntung memiliki ibu dan nenek yang mengajarnya sejak kecil untuk beriman pada Tuhan, dan tentunya bagaimana bertindak melalui segala prilaku kehidupan yang dicontohkan orangtua pada anak-anaknya.

Sebagai orangtua mari kita berbuat dalam kata dan tindakan yang beriman dan sikap yang penuh kasih. Melalui iman dan tindakan orangtua, maka anak-anak mampu mengenal Tuhan yang mereka percayai. Bukankah kita sebagai orangtua adalah wakil Tuhan di tengah keluarga? Mari tanpa lelah kita melakukan pekerjaan Tuhan. Sebagai anak memiliki semangat untuk belajar dan sebagai orangtua berjuang untuk mendampingi anak-anak. Selamat melayani dalam keluarga.

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x