Firman Tuhan Hidup Bersama dengan Manusia

Firman Tuhan Hidup Bersama dengan Manusia

Firman Tuhan Hidup Bersama dengan Manusia

Yohanes 1 : 1 – 18

Seringkali kita mendengar kata-kata Pengkotbah (Pelayan Firman Tuhan) pada saat kebaktian minggu atau kebaktian syukur atau persiapan perjamuan kudus sebagai berikut “marilah kita menyiapkan hati kita untuk membaca, merenungkan, dan memahami Firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab..”. Firman Tuhan yang dimaksud dalam kata-kata tersebut menunjuk pada tulisan yang ada dalam alkitab yang berisi sejarah, kisah, karya sastra, hukum, pengajaran, dan penguatan atau penghiburan. Jadi bentuknya adalah tulisan yang disampaikan dan diberitakan oleh pengkotbah kepada jemaat yang hadir dalam kebaktian.

Apakah Firman itu ? Penulis Yohanes 1:1-18 menjelaskan bahwa Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Dia (Allah) yang menjadikan segala sesuatu dan di dalam Dia ada terang bagi manusia. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Jadi Firman yang adalah Allah telah menjelma menjadi manusia dan tinggal bersama manusia dan menyatakan diri sebagai Anak Tunggal Bapa yakni Yesus Kristus.

Yesus Kristus telah datang untuk menjumpai umat kepunyaanNYA, hanya saja manusia tidak mengenal dan menerima Dia. Padahal di dalam Yesus Kristus tersedia kasih karunia dan kebenaran yang dianugerahkan kepada manusia. Kita tidak dapat melihat Allah tetapi Anak Tunggal Bapa (Yesus) telah menyatakan Allah di dalam dirinya dalam bentuk kebenaran dan kasih karunia. Firman Tuhan ini mengingatkan kita semua agar jangan sampai kita hanya tahu tentang Allah tetapi lebih daripada itu adalah mengenal dan menerima Allah yang tinggal bersama dengan manusia.

Jika kita ingin mengenal Allah mulailah kita mengenal kesaksianNya dalam Alkitab.

Share

Recommended Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments