Firman Tuhan dan Tantangan Moral

Firman Tuhan dan Tantangan Moral

Firman Tuhan dan Tantangan Moral

Titus 2 : 1 – 10

Orang muda seringkali dianggap sering mengalami krisis moralitas. Namun sebenarnya, krisis moral dapat terjadi di semua kelompok usia. Hal tersebut nampak dalam surat Rasul Paulus kepada Titus, seorang muda yang melanjutkan pelayanan Paulus di Kreta. Dalam suratnya, Paulus menitipkan nasehat-nasehat terkait moralitas kepada jemaat berbagai kelompok usia yang dilayani oleh Titus.

Di tengah kemajuan teknologi informasi yang semakin canggih, berbagai krisis moral yang terjadi di masyarakat kita semakin terlihat jelas dan meluas. Mulai dari sikap berfoya-foya, pamer kemewahan (flexing), menyebar berita bohong (hoax), bahkan fitnah, guru melakukan penganiayaan dan kekerasan seksual kepada muridnya, anak muda yang menganiaya temannya, bahkan orangtuanya sendiri karena hal-hal yang sepele.

Dalam kondisi seperti itu, nasehat Rasul Paulus terasa masih relevan hingga saat ini. Paulus mengawali perikop ini dengan nasehat agar Titus tetap mewartakan pengajaran yang sehat, yaitu Firman Allah, agar jemaat menjalani hidup yang sederhana, terhormat, bijaksana, hidup dalam kasih, tekun, jujur, dan lain sebagainya. Dalam menghadapi berbagai tantangan moral, Titus diminta untuk terus berpegang dan mengajarkan Firman Allah dengan tekun. Hal yang sama juga berlaku untuk kita di zaman ini.

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x