Diselamatkan karena Percaya

Diselamatkan karena Percaya

Diselamatkan karena Percaya

Bacaan : Roma 10 : 4 – 15

Surat Roma ditulis Paulus untuk orang kristen di Roma. Latar belakang jemaat terdiri dari orang-orang Yahudi dan non Yahudi yang telah bertobat dan menjadi Kristen. Namun warga jemaat yang berasal dari Yahudi sangat ketat memegang hukum Taurat. Orang-orang kristen yang berasal dari non Yahudi juga harus mengikuti hukum Taurat dan berbagai peraturannya. Misalnya menjalani sunat dan upacara agama lainnya. Dengan demikian keselamatan itu Allah berikan. Ini tentu menimbulkan masalah, karena warga non Yahudi dianggap belum menjadi kristen sepenuhnya karena belum mengikuti ketetapan Taurat.

Paulus menegaskan semua warga gereja yang beriman kepada Yesus Kristus akan diselamatkan. “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.” (ay 9). Paulus tidak mengatakan Taurat sudah tidak berlaku, tetapi ia mengatakan bahwa Kristus adalah kegenapan (tujuan) hukum Taurat, sehingga siapa yang percaya kepada Yesus orang tersebut dibenarkan di hadapan Allah (ay 4).

Keselamatan ini berlaku bagi semua orang dari semua bangsa. Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang. Allah tidak membeda-bedakan manusia karena latar belakang atau sukunya. Semua orang setara dan mendapat kesempatan yang sama untuk memperoleh keselamatan dalam diri Yesus.Siapa yang berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan. Agar semakin banyak orang yang percaya kepada Yesus, perlu orang yang memberitakan. Kita yang sudah mengalami kemurahan Tuhan Yesus, mestinya terpanggil untuk menyebarkan Kabar Baik kepada mereka. Amin. (ds)

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x