Daniel : Pintar Saja Tidak Cukup

Daniel : Pintar Saja Tidak Cukup

Daniel : Pintar Saja Tidak Cukup
Daniel 1 : 1-21 nats ayat 8 dan 17

Pada masa pembuangan di Babel, Raja Nebukadnezar memilih pemuda-pemuda tampan, sehat, dan terpelajar dan membawa mereka ke Babel untuk mengajarkan kebudayaan dan bahasa Babel kepada mereka sehingga dapat dipakai dalam melayani kerajaan. Di antaranya terdapat Daniel dan ketiga kawannya. Jika kita menjadi Daniel (Beltsazar) dan ketiga kawannya, Hananya (Sadrakh), Misael (Mesakh) dan Azarya (Abednego) apa yang akan kita pikirkan atau rasakan ? Bangga, dipilih dengan kriteria yang tinggi diantara sekian banyak orang karena prestasi, salah satunya terpelajar (pintar). Mungkin tidak hanya bangga, bisa jadi terselip kesombongan dan lupa diri karena pemilihan tersebut.


Akan tetapi menariknya, ketika raja menetapkan bagi mereka setiap hari makan santapan raja dan anggur yang biasa diminum raja (ayat 5), Daniel dan kawan-kawannya berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan dan anggur yang biasa diminum raja (ayat 8). Memakan makanan itu berarti melanggar hukum Allah; minum anggur itu berarti menumpulkan pikiran mereka karena pengaruhnya yang memabukkan. Daniel dan kawan-kawannya tidak akan mengorbankan pendiriannya sekalipun itu berarti kematiannya.


Nama Daniel “Allah adalah hakimku” meneguhkan suatu prinsip bahwa Pintar (terpelajar) saja tidak cukup, namun harus didasarkan rasa takut pada Tuhan. Kisah Daniel pada bulan Juli ini dimana pada umumnya anak anak memulai Tahun Ajaran yang baru, kiranya mengingatkan orang tua, anak-anak dan kita semua bahwa jangan hanya mengejar prestasi akademik, mendidik dan menanamkan rasa takut akan Tuhan juga merupakan hal yang penting. Pada akhirnya Tuhan menganugrahkan kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana (ayat 9) pengetahuan dan kepandaian (ayat 17) kepada Daniel dan kawan-kawannya.


Jadi Pintar saja tidak cukup, dahulukan rasa takut akan Tuhan dalam setiap laku hidup kita.

Share

Recommended Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments