BUKA DULU TOPENGMU !

BUKA DULU TOPENGMU !

Bacaan : Yesaya 1 : 10 – 18

Di dalam kehidupan orang percaya, tidak luput dari sikap menutup diri terhadap dosa, seolah olah Tuhan Allah tidak peduli akan dosa – dosa yang kita perbuat, karena dosa-dosa tersebut ditutupi dengan hal/ perbuatan-perbuatan baik yang dapat dilihat oleh orang lain baik. Jika kita memiliki pola pandang yang demikian, maka kita akan kecewa, karena segala perbuatan-perbuatan baik kita seolah olah menjadi sia- sia dan percuma, Mengapa demikian?

Melalui perenungan ini kita akan belajar, nasehat dari nabi Yesaya terhadap umat pilihan Allah pada masa itu. Nabi Yesaya menyalahkan umat itu karena ikut melakukan perbuatan jahat dan ketidakadilan, sambil terus membawa persembahan dan korban kepada Allah serta berdoa dan beribadah kepada Dia. Ibadah dan pujian menjadi sesuatu yang keji bagi Tuhan Allah, jikalau hati kita tidak benar-benar setia kepada-Nya, yaitu dengan melakukan perintahNya, “mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi dan mengasihi sesama manusia,” karena Tuhan Allah tahu segala sesuatu yang kita lakukan, bahkan yang tersembunyi sekalipun dalam pikran dan hati kita, maka firmanNya “Basuhlah, bersihkanlah dirimu, jauhkanlah perbuatan-perbuatanmu yang jahat dari depan mata-Ku. Berhentilah berbuat jahat, belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam; belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda!” Yesaya 1:16-17). Firman Tuhan ini berlaku juga bagi kita, umat pilihanNya pada masa kini.

Sesungguhnya Tuhan Allah selalu menghendaki yang terbaik bagi umat manusia, Dia menghendaki pertobatan dengan kesungguhan hati, bukan hanya secara lahiriah. Dosa senantiasa membuat hati Tuhan Allah sedih dan hancur karena dosa merusak relasi kita dengan-Nya. Namun, Allah itu berlimpah kasih dan selalu memberikan pengampunan, dan memampukan kita memiliki relasi yang kudus dengan- Nya. Bersama dengan keluarga kita, Marilah kita mengakui dan senantiasa membuka diri dihadapan Tuhan Allah dan memohon pengampunan-Nya serta terus hidup melekat pada-Nya.

Selamat menjalani hidup benar dan terbuka bagi Allah.

 

Warta 30/10/2016

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x