BERSEKUTU DENGAN SANG GEMBALA DAN PEMELIHARA JIWA

BERSEKUTU DENGAN SANG GEMBALA DAN PEMELIHARA JIWA

Yohanes 10 : 1 – 10

Saudara-saudara, Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus.

Kita mengimani Tuhan Yesus adalah Gembala yang baik (Yoh 10:11). Gembala yang baik memanggil domba-domba-Nya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya (ay 3). Tuhan Yesus mengenal kita domba-domba- Nya. Bukan hanya mengenal nama kita pribadi, tetapi juga mengenal hidup kita seutuhnya. Apa yang kita alami, baik atau buruk, yang menyenangkan atau menyedihkan, semua diketahui oleh Tuhan Yesus. Tidak ada sesuatupun yang tersembunyi. Karena Dia adalah Gembala yang baik, maka Dia juga akan menuntun kita ke air yang tenang, ke rumput yang hijau (Mazmur 23). Tuhan Yesus meyakinan kita bahwa “Aku datang supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan” (ayat 10). Hidup yang  disediakan oleh Tuhan Yesus adalah hidup yang berlimpah-limpah, hidup yang sempurna dalam kekekalan. Sungguh membahagiakan!

Dalam bacaan ini, Tuhan Yesus juga mengatakan bahwa Ia adalah “Pintu” (ayat 7). Pada jaman dahulu, domba-domba dipelihara dalam kandang domba yang terbuat dari batu-batu yang kokoh. Di dalamnya, domba-domba aman terlindungi dari binatang buas dan udara dingin serta mendapat makanan yang cukup. Kalau Tuhan Yesus menyebut diri-Nya sebagai “Pintu” maksudnya adalah, siapa yang masuk kandang melalui Tuhan Yesus, maka “ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar menemukan padang rumput” (ayat 9).

Iman kita kepada Yesus Kristus sungguh tidak sia-sia. Hidup kita dikenal-Nya, dituntun-Nya, dan tidak akan kekurangan tetapi diberikan hidup yang berkelimpahan, keselamatan sempurna. Di tengah perjuangan kita melawan wabah virus Corona, marilah kita senantiasa bersekutu dengan Tuhan Yesus Sang Gembala dan pemelihara jiwa kita. Amin. (ds)

Share

Recommended Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x