BERSANDAR PADA KEBAIKAN-NYA

BERSANDAR PADA KEBAIKAN-NYA

Yohanes 14 : 23 – 29

Bacaan Alkitab yang menjadi dasar renungan ini menceritakan ungkapan pernyataan Yesus sebelum Ia meninggalkan para muridNya.  Ayat 27 dengan jelas menyatakan bahwa  Yesus akan memberikan damai sejahtera bagi murid-muridNya dan berpesan supaya tidak gentar, gelisah dan takut sepeninggal Yesus. Pernyataan tersebut sekaligus juga menjadi janji Yesus yang dikemudian hari  dipenuhi dengan kehadiran Roh Kudus ke dunia. Inilah yang disebut janji penyertaan Yesus ketika nanti pada waktunya Yesus harus kembali kepada BapaNya yang di surga.

Tidak satupun kuasa di dunia ini yang mampu memberikan damai sejahtera seperti yang diberikan dan ditinggalkan bagi para murid. Yesus mengetahui bahwa sepeninggalnya nanti para murid akan menghadapi tantangan, kesulitan, dan ancaman yang berat. Para murid harus  bertahan dan  berjuang bukan saja secara fisik tetapi juga rohani untuk melawan penguasa jahat dari dunia. Dalam keadaan seperti itulah Yesus menjanjikan penyertaan, kekuatan  dan penghiburan yang akan dilakukan oleh Roh Kudus.

Sikap  yang perlu dilakukan para murid adalah bersandar dan mempercayakan seluruh gerak kehidupannya kepada  Yesus Kristus yang sekalipun tidak lagi di dunia tetapi penyertaanNya akan tetap seperti ketika Dia masih bersama dengan para murid. Bersandar kepada Yesus juga merupakan sikap yang harus dilakukan setiap gereja di sepanjang masa. Hanya dengan bersandar kepada Yesus dan kebaikanNya gereja akan mampu bertahan, berjuang, dan memenangkan perjuangannya melawan kuasa jahat .

Berjuang bukan saja bersiaga tetapi juga bersandar

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x