Berdoa dalam nama Yesus Kristus

Berdoa dalam nama Yesus Kristus

Berdoa dalam nama Yesus Kristus

Bacaan : Kisah Para Rasul 3 : 1 – 10

Seorang laki-laki yang lumpuh sejak lahir, duduk di dekat pintu Gerbang Indah di Bait Allah untuk mengemis minta sedekah pada orang-orang yang melewati gerbang itu, termasuk pada Petrus dan Yohanes yang akan melakukan ibadah sembahyang di sana. Dia berharap mendapat belas kasihan saat melihat kondisinya yang lumpuh dan memberinya sedekah. Tetapi Petrus dan Yohanes memberikan lebih dari yang diharapkan, melalui kuasa nama Yesus yang diucapkan Petrus, orang itu menjadi sembuh. Yang semula lumpuh bisa berjalan kembali

Melalui kisah ini kita mendapatkan beberapa pesan yang dapat menjadi refleksi bagi kita. Pertama, seringkali kita tidak mengetahui dengan tepat apa yang sebenarnya kita butuhkan dan kemudian kita pinta kepada Tuhan dalam doa. Tetapi sesungguhnya Tuhan sudah mengetahui keinginan kita, bahkan sebelum kita meminta kepada-Nya. Kedua, berdoa ‘dalam nama Yesus’ sangat besar kuasanya. Tetapi berdoa dalam nama Yesus berarti menyesuaikan keinginan kita dengan keinginan Tuhan, baru setelah itu kita menyampaikan pernohonan kepada Tuhan. Sebenarnya apa yang Tuhan ingin kita lakukan? yaitu mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama.

Sudahkah doa-doa kita didasarkan pada kedua hal itu? Seringkali kali kita menggunakan kata-kata ‘dalam nama Yesus’ sebagai ‘mantera’ atau kata-kata sakti dengan keyakinan bahwa yang kita minta dalam doa itu pasti akan terwujud atau dikabulkan oleh Tuhan. Padahal, jika doa kita tidak didasarkan atas kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama, maka pasti Tuhan tidak akan mengabulkannya, sekalipun kita memintanya ‘dalam nama Yesus.

Berdoa dalam nama Yesus meliputi dua hal ini; pertama, adalah berdoa yang selaras dengan kehendak, kepribadianNya. Kedua, berdoa dengan penuh kepercayaan kepada-Nya dan kekuasaan-Nya serta dengan kerinduan untuk memuliakan Bapa dan Anak (Kis 3:16). Berdoa dalam nama Yesus adalah doa yang dijamin sendiri oleh Kristus sebagai doa yang berkenan di hadapan Allah, serta mengakui kedaulatan dan otoritas Allah. Selain itu, Yesus Kristus adalah pengantara kita kepada Bapa (1 Tim. 2:5-6) serta janji Tuhan menyatakan bahwa akan melakukan permintaan kita sesuai dengan kehendakNya (Yoh. 14 : 13-14; Yoh. 15 : 16b). Sungguh luarbiasa makna dan kuasanya berdoa dalam nama Yesus Kristus. Mari kita ingatkan dan ajarkan kepada anak, cucu dan keluarga kita untuk selalu melandaskan doa-doa kita didalam nama Yesus Kristus. Tuhan memberkati.

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x