AKU BERUBAH

AKU BERUBAH

AKU BERUBAH
Lukas 19 : 1 – 10

Keputusan diri untuk menyatakan ”aku mau berubah” dipengaruhi banyak faktor baik internal (dari dalam diri) atau eksternal (dari luar). Saat saya bergaul dengan rekan-rekan yang terbiasa mengumpat, menghakimi, membicarakan keburukan orang maka semakin lama saya berada dalam pergaulan itu maka makin mengikis kebiasaan yang baik. Sebaliknya ketika saya berada dalam kelompok yang selalu berkata dan berpikir positif maka karakter saya makin dikuatkan. Bahkan saya dapat mengeluarkan buah yang positif dan membangun sesama. Kemauan yang kuat dari dalam diri untuk berubah adalah momen awal untuk menentukan siapa diri saya berikutnya.

Zakheus orang kaya ini tentunya telah mendengar cibiran dan omongan tentang pekerjaannya sebagai pemungut cukai yang dianggap salah dan berdosa oleh masyarakat. Ia tidak menutup telinganya. Ia pun mendengar sosok Yesus yang saat itu terkenal, sehingga Ia tidak mengeraskan hati atau menutup pintu hati karena merasa berdosa. Justru ia berani malu sekalipun sebagai orang kaya, dicibir banyak orang, perawakan yang pendek dan memutuskan naik ke atas pohon dengan resiko terjatuh serta dilihat banyak orang. Aku berubah adalah keputusan yang ia ambil saat berjumpa dan berdialog dengan Yesus dan hal ini juga memberi perubahan pada keluarganya (ayat 9).

Saat ini kita semua diajak membuka diri di hadapan Tuhan agar kita dapat memulai untuk perubahan diri. Keluarga adalah komunitas terdekat yang dianugerahkan Tuhan pada kita untuk berdiskusi, berdialog dan saling menguatkan antar anggota keluarga. Perubahan pribadi akan mempengaruhi kehidupan keluarga, demikian juga dukungan keluarga yang penuh kasih juga akan mempengaruhi pribadi yang sedang berjuang untuk kembali berbalik pada Tuhan. Sungguh Yesus menantikan setiap orang mengatakan “aku berubah”, sebab itulah yang dirindukan olehNya. Maukah kita menyatakan aku berubah dan semakin aktif dalam melayani Tuhan? Selamat bergumul dan selalu andalkan Tuhan.

Share

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x